STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

(Studi Kasus Di Roemah Jamoer Ikram Desa Puringan Kecamatan Teluk Keramat)

Authors

  • Asmija Ika Bella Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Oskar Hutagaluh Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Jum’an Jum’an Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Abstract

Marketing strategy is making decisions about costs, marketing, marketing mix, marketing allocation in relation to expected environmental conditions and competitive conditions. Marketing strategy is very important to measure the success of a business. The marketing strategy applied at Roemah Jamoer Ikram is well, it could be sent from the 3 (Three) years ago that production could be continued to grow so that it creates new products such as Jamur Crispy. This study aims to determine the marketing strategy in increasing sales volume and sharia economic review in the marketing strategy of Jamur Tiram in Roemah Jamoer Ikram.This research uses a descriptive qualitative approach and includes the type of case study research. Data collection techniques used are observation, interview, and documentation. The primary data source is the owner of Jamur Tiram production in Roemah Jamoer Ikram and the secondary data source is from written sources relating to the marketing strategy of Jamur Tiram. Research data analysis techniques are data reduction, data presentation, and conclusions or verification of research data. The data techniques used are the degree of confidence and continuous observation.Based on the results of the study concluded that Roemah Jamoer Ikram has implemented a marketing mix strategy that uses 5P variable are Product, Price, Place, Promotion, and People. Based on viewed by the perspective of sharia economics related to marketing strategies at Roemah Jamoer Ikram, it has implemented what the prophet Muhammad Saw, namely by prioritizing the nature of: Shiddiq, Amanah, Fathanah, Tabligh, and Istiqamah.

References

Aini Husnul, “Analisis Strategi Pemasaran Jamur Tiram di UD. Kenanga Kecamatan Ampenan Selatan Kota Mataram” Skripsi pada Universitas Muhammadiyah Mataram Tahun 2019. (https://repository.ummat.ac.id), diakses tanggal 7 Oktober 2019.

Anorga, Panji. (2009). Manajemen Bisnis. Jakarta: Riena Cipta.

Al-qur’an Karim. (2014). The Holy Qur’an. Jakarta: Lautan Lestari.

Handayani Isri, “Tinjauan Strategi Pemasaran Syariah Pada Penjualan Produk Inez Di Mini Market Khatulistiwa Bengkulu” Skripsi Pada Institut Agama Islam Negeri Bengkulu Tahun 2020. (https://repository.iainbengkulu.ac.id), diakses tanggal 17 Februari 2020.

Handayani Mira, “Strategi Promosi Penjualan dalam Meningkatkan Penjualan Toko Cahaya Terang Kota Palopo” Skripsi pada IAIN Palopo Tahun 2019. (https://repository.iainpalopo.ac.id), diakses tanggal 23 Juni 2019.

Hartono, Hendry, Karyana Hutomo, Marshelia Mayangsari. (2012) “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian” dalam Jurnal BINUS BUSINESS REVIEW, No. 889 Vol.3: 112-136. diakses tanggal 2 November 2012.

Hasan, Ali. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Hayani, Nurahmi. (2012). Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi. Pekanbaru: Suska Press.

Ikhlash, “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Kopi Bubuk Rantau Putera” Skripsi pada Universitas Andalas Padang Tahun 2012. (https://repository.ar-raniry.ac.id), diakses tanggal 5 Agustus 2012.

Kartajaya dan Sula. (2006). Marketing Syariah. Bandung: Mizan.

Kementrian Agama RI. (2010). Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: CV Penerbit di Ponegoro.

Khatimah Khusnul, “Prospek Usaha Budidaya Jamur Tiram Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Desa Sialang Kubang Menurut Ekonomi Syariah” Skripsi pada UIN SUSKA RIAU Tahun 2020. (https://repository.uin-suska.ac.id), diakses tanggal 22 Maret 2020.

Kotler dan Amstrong. (2021). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi VIII. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gray Amstrong. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Kusumaningrum Desi, “Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk (Studi kasus pada toko batik benang raja semarang)” Skripsi pada Universitas Semarang Tahun 2020. (https://repository.usm.ac.id), diakses tanggal 25 Mei 2020.

Leli, Maisarah. (2019) “Strategi Pemasaran dalam Perspektif Islam” dalam Jurnal At-Tasyri’iy, No. 1 Vol.2: 55. diakses tanggal 12 Juni 2021,

Mirnawati, “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Motor Suzuki Satria Pada PT. Sinar Galesong Mandiri Makassar” Skripsi pada Universitas Muhammadiyah Makassar Tahun 2017. (https://digilibadmin.unismuh.ac.id), diakses tanggal 14 Februari 2017.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mubira, “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Dealer Yamaha Matramas Motor di Makassar” Skripsi pada Universitas Muhammadiyah Makassar Tahun 2021. (https://unismuh.ac.id), diakses tanggal 2 Juni 2021.

Muliana Parida, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Volume Penjualan Produk Pada Mini Market Colour’s Mart Pekan Baru” Skripsi Pada UIN SUSKA Riau Tahun 2012. (https://repository.uin-suska.ac.id), diakses tanggal 18 April 2012.

Muzayyanah, “Strategi Pemasaran Usaha Jamur Tiram Dalam Meningkatkan Pendapatan Kelompok Wanita Tani Jamur Berkembang Desa Banyumulek Kediri Lombok Barat” Skripsi pada Universitas Islam Negri Mataram Tahun 2018. (https://repository.unas.ac.id), diakses tanggal 3 April 2018.

Pakpahan, Efendi. (2007). Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Rachmat Sunjoto, Arie. (2011) Strategi Pemasaran Swalayan Pamella dalam Prespektif Islam, dalam Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, No. 2 Vol.1: 54. diakses tanggal 10 Maret 2012,

Rivai, Viethzal. (2012). Islamic Marketing, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rukmana Laelani, ”Analisis Strategi Pemasaran Usaha Jamur Tiram dalam Meningkatkan Omzet Penjualan” Skripsi pada UIN Mataram Tahun 2020. (https://etheses.uinmataram.ac.id), diakses tanggal 19 September 2020.

Sari Yulia, “Analisis Strategi Pemasaran Kopi Aceh (Studi kasus Merek Dhapu Kupi)” Skripsi Pada UIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun 2020. (https://repository.ar-raniry.ac.id), diakses pada tanggal 28 Mei 2020.

Schiffan. (2005). Volume Penjualan. Jakarta: Rineka Cipta.

Shobirin, (2015) Jual Beli Dalam Pandangan Islam dalam Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, No. 2 Vol.3: 102-131. diakses tanggal 7 Agustus 2016, (https://journal.iainkudus.ac.id).

Sofyan, Rinato. (2003). Bisnis Syariah Mengapa Tidak. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suarmawan, Kadek Agus. (2015) “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro dan Kecil (Studi Pada Usaha Kerajinan Ingka Di Desa Bulian, Kec. Kebutambahan)” dalam Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, No. 1 Vol.5: 2. diakses tanggal 28 Januari 2016,

Sugiono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sunandar Asep, “Budidaya Jamur Tiram Upaya Menyerap Tenaga Kerja dan MeningkatkanKesejahteraan Pemuda Desa” Skripsi pada Universitas Negeri Malang Tahun 2021. (https://repository.um.ac.id), diakses tanggal 30 juli 2021.

Suyoto. (2007). Marketing Strategy Top Brand Indonesia, Yogyakarta: Andi.

Toyyibah, Zuriatun, “Analisis Strategi Pemasaran Usaha Tahu Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian Masyarakat Di Desa Puyung Kecamatan Jonggat KabupatenLombok Tengah” Skripsi pada Universitas Islam Negeri Mataram Tahun 2019. (https://etheses.uinmataram.ac.id), diakses tanggal 9 Februari 2019.

Wawancara dengan Farina. Istri Pemilik Budidaya Roemah Jamoer Ikram. Tanggal 6 Agustus 2024 di Puringan.

Wawancara dengan Ikram. Pemilik Budidaya Roemah Jamoer Ikram. Tanggal 28 Desember 2021 di Puringan

Downloads

Published

2024-09-05

Issue

Section

Articles