PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP MINAT PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DI UNIVERSITAS BHYANGKARA KOTA BEKASI

(Studi Kasus Mahasiswa S1 Manajemen Di Universitas Bhayangkara Kota Bekasi)

Authors

  • Franco Nero Rupelu, Supriyanto, Dody Kurniawan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Keywords:

Advertising Appeal, Electronic Word of Mouth, User Interest

Abstract

The purpose of this study was to analyze the influence of Advertising Attraction and Electronic Word of Mouth (EWOM) on User Interest of Gojek online transportation services among students of Bhayangkara University, Bekasi City. The research method used is a quantitative method using a questionnaire distributed to 130 respondents. Data analysis was carried out using the t-test and f-test to test the hypothesis. The results of the study indicate that Advertising Attraction and Electronic Word of Mouth have a positive and significant influence on User Interest.

References

Agustina, R., Bayu Seno Pitoyo, & Kurniawan, D. (2022). Faktor-Faktor Daya Beli Dan Kepuasan Belanja Online Selama Pandemi Covid-19 di Kalangan Millenial. Jurnal Kajian Ilmiah, 22(2), 181–190. https://doi.org/10.31599/jki.v22i2.1155

Berliando, W. A., Rachma, N., & Rahmawati, R. (2023). Pengaruh Daya Tarik Iklan , Harga Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Pengguna Jasa Transportasi Online Grab (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). E-JRM : Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 2310–2318. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/22935

Dewi, L. P., & Taufiqurahman, E. (2022). Dampak Keberadaan Transportasi Online Terhadap Pendapatan Transportasi Konvensional. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3216–3222. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Fauzi, A., Maryadi, F., Afrillia, P., Armanda, F., Sulistyowati, W., Az Zahra, M., & Soza, D. (2023). Pengaruh Permintaan Harga, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Transportasi Online. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 63–72. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.646

Handayani, M. (2015). ANALISA PERLAKUAN AKUNTANSI PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 ( Studi Kasus Pada PT . Indokarya Tri Utama ). 11(2), 1–8.

Husadha, C., Hasanudin, A., Hanifah, I., & Uzliawati, L. (2023). Net Sales and Net Expenses Mediated with Prepaid Expenses for Net Profits in Food and Beverages Companies in Indonesia. 4–5. https://doi.org/10.4108/eai.4-11-2022.2329729

Kasman, H. (2023). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Inconnet (Studi Kasus Perumahan Sidomulyo Pekanbaru). Jotika Journal In Management and Entrepreneurship, 2(2), 91–99. https://doi.org/10.56445/jme.v2i2.71

Poernamawati, D. E. (2019). Analisis Dimensi Electronic Word of Mouth (Ewom) Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Kunjungan Pada Obyek Wisata Di Malang Raya. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 12(2), 127. https://doi.org/10.33795/j-adbis.v12i2.50

Price, J., Bisnis, I. A., Ilmu, F., Politik, I., & Utara, U. S. (2023). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA FITUR TIKTOK SHOP DI APLIKASI TIKTOK ( Studi pada Mahasiswa di Kota Medan ). 01(02), 79–88.

Putri, A. K., & Junia, A. A. (2023). Pengaruh Live Streaming dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Skintific Melalui Tiktokshop). Annisa Aghniarahma Junia INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 8238–8248.

Sri Maharsi. (2000). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 127–137. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/aku/article/view/15673

Utomo, K. P., Supriyanto, & N, M. A. W. (2020). Hubungan Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Motivasi Pada Jasa Keuangan Pt Asuransi Bangun Askrida Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), 10(1), 118–128

Yohana Walangitan, B., Dotulong, L. O., & Poluan, J. G. (2022). Pengaruh Diskon Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Untuk Menggunakan Transportasi Online (Studi Pada Konsumen Maxim Di Kota Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 511–521.

Downloads

Published

2024-07-28

Issue

Section

Articles