PENERAPAN SOFTWARE ANALISIS STRUKTUR UNTUK MEMBANTU PEMAHAMAN DALAM MEMPELAJARI MATA KULIAH MEKANIKA TEKNIK DI S1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN
Keywords:
Building Engineering Education, Software, Structural Analysis, LearningAbstract
Learning the Mechanics Engineering course at the undergraduate level of Building Engineering Education requires a profound understanding of the basic concepts of structure and the forces at work within structural systems. However, students often encounter difficulties in visualizing and analyzing structures comprehensively. This research introduces a novel approach utilizing structural analysis software such as Robot Structure, SAP2000, and ETABS to enhance students' understanding of mechanical engineering. By involving the application of the latest structural analysis software in teaching, it enables students to interactively manipulate structural models and observe the eflects of various forces and loads. This article delineates the implementation of this approach within the curriculum of the Mechanics Engineering course and evaluates its impact on students' understanding and performance. The results indicate a significant improvement in students' understanding of structural concepts and analytical abilities, as well as an increase in their interest and motivation in learning. This research provides valuable insights into the potential use of technology to enhance the eflectiveness of learning in the field of civil engineering.
References
Akbar, M. R. (2021). Kajian Literatur Media Pembelajaran Grafis dalam Pembelajaran Bahasa.
Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 46-56.
Atapukang, N. (2016). Kreatif membelajarkan pembelajar dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat sebagai solusi dalam berkomunikasi. Jurnal media komunikasi geografi, 17(2), 45-52.
Dewobroto, W. (2007). Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Dewobroto, W. (2015). Pemanfaatan software Structural Analysis Program (SAP) sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah Analisis Struktur. September.
Hidayah, Z., & Sandra, N. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH ANALISIS STRUKTUR MENGGUNAKAN APLIKASI
SAP2000 STUDENT VERSION. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3(4), 375-380.
Ibrahim, I., Firdausa, F., & Khosim, K. (2019). Pelatihan Dasar Perhitungan Gaya Dalam Dengan Program SAP2000 pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Seluma. SNAPTEKMAS, 1(2).
Muhtar, C. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Video Tutorial Praktik pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Ilmu Ukur Tanah SMKN 3 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 7(2).
Musbar, M., & et al. (2020). Pelatihan Analisis Struktur dan BIM konstruksi Bangunan Gedung Untuk Alumni Jurusan Teknik Sipil. In Prosiding Seminar Nasional Polieknik Negeri Lhokseumawe, 4(1), 69-73.
Muslih, M., & Body, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran modul berbasis video tutorial pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perencanaan interior gedung kelas XI teknik konstruksi dan properti SMKN 1 Sumatera Barat. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 1(1), 15-23.
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).
Pertiwi, N. (2016). Penerapan Aplikasi SAP2000 Pada Mata Kuliah Struktur Beton Gedung Melalui Metode Pelatihan Pada Mahasiswa PTSP FT UNM. J. MEKOM (Media Komun. Pendidik. Kejuruan), 3(2).
Ramdhani, F. (2017). Pelatihan penggunaan Software analysis program (sap) pada struktur bangunan gedung di sekolah menengah kejuruan negeri 2 Dumai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 72-78.
Saputri, H. N. (2023). Pengembangan Media Video Tutorial pada Mata Kuliah Struktur Beton II Menggunakan Program SAP2000 Versi 22.0.
Siregar, A. C., & et al. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Software Sap Bagi Alumni Teknik Sipil di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 77-81.
Syamsiani, S. (2022). Peran Multimedia untuk Pembelajaran dan Berbagai Bidang di Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(3), 61-70.
Tanjung, D. (2013). Simulasi Analisis Struktur SAP2000 7.4 Versi Student Dengan Metode Elemen Hingga. Al Ulum Seri Saintek, 1(2), 222-37.
Titania, T. &. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK N 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 89-94.
Wahid, A. (2018). Jurnal pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar.
Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).
Yuliandari, S. (2014). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).
Zega, B. C., & et al. (2022). Pelatihan Analisis Pemodelan Struktur Bangunan Dengan Menggunakan Software SAP2000 kepada guru dan siswa pada SMK Teknik Bangunan. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 42-48.